Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Cara Upload File Website ke Hostinger Menggunakan FileZilla

Cara Upload File Website ke Hostinger Menggunakan FileZilla

Website yang telah kita buat untuk dapat di akses oleh semua orang melalui internet harus Anda hosting dari server lokal yang ada di komputer Anda atau Anda bisa buat server sendiri dengan menyewa IP Public.

Untuk proses upload website kebanyakan yang menggunkan aplikasi filezilla ini adalah teman-teman yang suka menggukan CMS. ataupun yang mau upload file dengan ukuran besar, Karena dengan menggunkan fiture file manager yang diberikan idhostinger terbatas (maksimal hanya 5MB) maka dari itu jika akan upload file dengan ukuran lebih dari 5 MB kita perlu menggunakan FileZilla.

#1. Order Hosting dan Domain Gratis di Hostinger

Sebelum kita upload file website maka terlebih dahulu kita butuh hosting atau tempat untuk menyimpan file-file website kita. Nah di Hostinger Anda dapat order hosting secara gratis.
  • Silahkan sobat kunjungi https://www.hostinger.co.id/
  • Klik mulai sekarang di home page Hostinger.
  • Anda akan diarahkan ke halaman shopping cart Anda akan melihat detail orderan klik lanjut ke checkout.
  • Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman login atau register. Jika sudah memiliki akun di hostinger silahkan Anda login dengan email dan password Anda. Jika belum klik lanjut pada bagian pengguna baru.
  • Pada halaman register isi form informasi akun dengan informasi anda. Informasi akun digunakan nanti untuk login.
  • Setelah berhasil register maka Anda akan masuk ke halaman informasi anda, dibagian bawah centang saya setuju dengan Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi kemudian klik Selanjutnya.
  • Sekarang Anda berada pada halaman tagihan. Abaikan saja halaman ini, silahkan buka email Anda dan cari pesan masuk dari Hostinger Indonesia dengan subject Selamat datang di Hostinger Indonesia. Silahkan klik link aktivasi akun yang ada pada email tersebut.
  • Setelah melakukan aktivasi email anda akan di arahkan ke halaman Cpanel Idhostinger. Muncul Window popup Pending configuration orders - action required klik setup maka akan diarahkan ke halaman pengaturan order hosting.
  • Pada halaman pengaturan order hosting silahkan dilengkapi jenis domain, nama domain, lokasi server dan password. Harap catat password yang Anda isi, password ini nanti digunakan untuk proses upload file website.
  • Jika sudah beres pilih menu Hosting -> Semua Akun Hosting pada menu navigasi atas.
  • Pilih domain Anda kemudian pilih kelola.
  • Selanjutnya pada bagian Akun pilih Detail, scroll ke bawa sampai anda melihat Data upload file. Catat FTP IP, Username FTP, Password yang tadi dan Port FTP.

#2. Cara Upload File Website ke Hostinger dengan FileZilla

Berikut cara upload file ke ID Hostinger menggunakan FileZilla:
  • Silahkan buka FileZilla anda. Yang belum punya bisa download ke Situs resminya secara gratis https://filezilla-project.org/download.php.
  • Dibagian Host isi dengan FTP IP, Username isi dengan Username FTP, Password isi dengan Password FTP Anda, dan pada bagian Port isi dengan port FTP Anda kemudian klik Quickconnect.

  • Perhatikan gambar berikut file-file yang ada di sebelah kiri adalah file dari komputer Anda, sedangkan yang di sebelah kanan adalah file di server hostinger indonesia.

  • Sekarang tinggal pilih file-file lokal yang akan Anda upload ke Hostinger Indonesia. Anda bisa pilih banyak file sekaligus dalam satu kali upload. Drag file yang akan di upload kemudian drop di bagian server hostinger.

Cukup sekian artikel Cara Upload File ke Idhostinger dengan FileZilla, semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jika ada saran, kritikan dan hal-hal yang kurang dengan artikel di atas dapat Anda sampaikan melalui form komentar di bawah.

8 comments:

  1. Bagus sekali posting artikel kang ismet kali ini, kalau saya baca tutorial diatas, caranya tak jauh berbeda dengan hosting gratis yang ada di webhosting.web.id dan reselleragent.com, sebab sama sama menggunakan CPanel. salam from seowaps.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. unable conec server,setelah masukin user paswor

    ReplyDelete
  4. udah masukin host,user name n pasword di filezila tapi ga konek ke server bang,knpa?

    ReplyDelete
  5. lanjutannya gimana gan, untuk ngecek file yang kita upload sudah online apa belom

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]