Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Masalah Installasi Windows: Setup Was Unable to Create a New System Partition

Masalah Installasi Windows: Setup Was Unable to Create a New System Partition

Semalaman dihadapkan pada satu masalah yang baru terpecahkan sekitar jam 04.00 membuat saya lega pada akhirnya meski masalahnya terselesaikan muncul masalah baru yang butuh waktu seharian baru bisa selesai yang belum tentu hasilnya sesuai yang diharapkan.

Why not? Semalaman cari solusi Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition .... pada laptop Acer Aspire v5-132 milik teman saya, yang awalnya hanya pengaruh virus yang sudah tidak sanggup saya atasi jadi saya pilih Install Ulang Windows untuk mengatasi virus-virus yang telah merajalela di dalam sistem windows.

Belum selesai masalah pertama pada saat pemilihan partisi pada proses install windows 7 muncul masalah baru. Install Failure : Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition iya kira-kira seperti itulah pesan erorr yang muncul pada saat saya klik next.

Dari permasalahan di atas beberapa hal yang saya lakukan tapi hasilnya nihil. Mulai dari buat HBCD 15 untuk mengatur ulang format partisi melalui tools Partition Magic kemudian saya coba ganti Bootable USB dengan yang baru masih juga tidak bisa padahal permaslahannya gampang sebenarnya cuman Bagaimana membuat Partisi System Reserved (100MB) sebagai file system ada pada saat partisi C saya hapus yang biasanya kalau partisi C di delete kemudian di create new partition maka secara otomatis system akan membuat partisi yang 100MB (System Reserved) tersebut?.

Berikut ini beberapa hal yang saya lakukan namun tidak ada yang berhasil:
  1. Atur ulang sistem partisi menggunakan Partition Magic
  2. Buta ulang bootable di 3 FD yang berbeda dan aplikasi bootable yang berbeda (CMD, Rufus, UltraISO)
  3. Ganti pengaturan SATA di BIOS (IDE dan AHCI) dua-duanya saya coba
  4. Delete partisi C menggunakan beberapa aplikasi dengan bantuan HBCD
  5. dan masih banyak lagi tapi saya lupa apa saja

Karena ilmu yang saya miliki tidak ada yang berhasil maka saya minta bantuan sama Google dengan mengajukan permuhonan judul skripsi "Mengatasi Setup was unable to create a new system partition" tidak kreatif memang judul yang saya ajukan karena saya sudah pusing, setres dan semuanyalah terserah apa namanya.

Dari 10 artikel teratas ada 3 link yang saya lirik:
  • http://windowsforum.com/threads/setup-was-unable-to-create-a-new-system-partition-or-locate-an-existing-system-partition-installat.75832/
  • http://www.w7forums.com/threads/setup-was-unable-to-create-a-new-system-partition-or-locate-an-existing-system-partit.13392
  • http://ryanyudhasatria.blogspot.com/2013/10/masalah-installasi-windows.html
Dua link yang berbahasa BUGIS saya hiraukan dulu maklum saya jagonya bahasa INGGRIS gitu, jadi saya buka link Ryan Blog dan menyarankan aplikasi bootable Windows 7 USB/DVD Download Tool yang belum pernah saya coba langsung saja saya Download Windows 7 USB/DVD Download Tool.

Sementara saya download saya beralih ke dua link lainnya dan ternyata saran yang saya dapat sama yakni menggunakan DISKPART.

Berikut cara Masalah Installasi Windows: Setup was unable to create a new system partition menggunakan DISKPART:
  1. Pada window pemilihan partisi, tekan Shift + F10. Kemudian ketik Diskpart lalu Enter
  2. Pada tools Diskpart ketik list disk lalu enter
  3. Kemudian list disk 0 (0 disini adalah nomor list harddisk)
  4. Kemudian detail disk
  5. Akan muncul semua partisi yang ada pada HDD Anda pada bagian paling kanan di menu info mestinya ada satu partisi System (partisi yang 100MB) dan satu partisi boot (partisi C).
    Disinilah letak permasalahannya untuk memunculkan kedua partisi tersebut perlu dilakukan perintah clean atau clean all (ini akan menghapus seluruh data pada HDD Anda yang terlist sebagai disk 0) dan disinilah letak kesalahan saya yang selanjutnya menjadi masalah baru setelah berhasil install ulang windows, semua datanya terhapus yang sementara saya recover pada saat artikel ini saya tulis
  6. Ketika proses clean selesai ketik Exit, Exit untuk kembali ke halaman partisi.
  7. Refresh atau keluar dulu dari installasi windows kemudian install ulang lagi dari awal (CATATAN: sebaiknya buat ulang bootable windows dengan menggunakan aplikasi Windows 7 USB/DVD Download Tool yang saya singgung di atas tadi)
Pada point terakhir di atas saya sangat anjurkan atau coba Anda install ulang menggunakan bootable yang dibuat dengan aplikai Windows 7 USB/DVD Download Tool kalau masih tidak bisa baru menggunakan DISKPART karena saya masih ragu apakah bootable Windows 7 USB/DVD Download Tool yang membuat saya berhasil atau DISKPART. Jika Anda tahu yang mana jawabannya jangan ragu dan sungkan untuk menyampaikan kepada saya. terima kasih.

Sekian pengalaman yang bisa ceritakan semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Pengalaman adalah guru terbaik karena pengalaman tidak pernah memberikan PR(Pekerjaan Rumah). Jangan lupa di share dan komentarnya.

7 comments:

  1. Thanks yang berhasil itu dengan cara DISKPART dan terakhir gunakan clean all bro dan restart. dan System (partisi yang 100MB) muncul kembali Hore

    ReplyDelete
  2. clean all nya memang lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan gunakan "clean" sj gan tidak selama "clean all" tp tidak di sarankan. hehehe...

      Delete
  3. Punya saya gagal terus gan, tolong solusinya dong saya sudah coba diskpart sampe windows 7 downloader bahkan gabungan keduanya msih muncul pesan error yang sama

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]